Lompat ke isi utama

Berita

Melaksanakan Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan

Dharmasraya, 30 Agustus 2021
Dalam rangka melaksanakan Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan, maka hari ini Bawaslu Kabupaten Dharmasraya mendangani beberapa Kantor Wali Nagari untuk meminta data kependudukan sebagai bahan untuk melaksanakan uji petik dan audit Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).
Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait Pemilih keluar dan/atau masuk wilayah/pindah domisili, Pemilih meninggal dunia dan Pemilih beralih status menjadi TNI/POLRI dan /atau Pensiunan TNI/POLRI.
Dari 52 Nagari yang ada di Kabupaten Dharmasraya, Bawaslu Kabupaten Dharmasraya menargetkan mendapatkan data kependudukan sekurang-kurangnya di 4 (empat) Kecamatan Induk yang ada di Kabupaten Dharmasraya yakni Kecamatan Pulau Punjung, Kecamatan Sitiung, Kecamatan Koto Baru dan Kecamatan Sungai Rumbai. Dari empat Kecamatan yang dipilih tersebut, Bawaslu Kabupaten Dharmasraya mendatangi lansung Kantor Wali Nagari dengan metode random sampling.
Hari ini Ketua Bawaslu Kabupaten Dharmasraya, Syamsurizal beserta staf yang mendampingi, melaksanakan koordinasi dan meminta data di Nagari Empat Koto Pulau Punjung di Kecamatan Pulau Punjung, Nagari Gunung Medan dan Nagari Sitiung di Kecamatan Sitiung. Sedangkan Laila Husni dan Alde Rado (Anggota Bawaslu Kabupaten Dharmasraya) beserta staf yang mendampingi, melaksanakan koordinasi dan meminta data di Nagari Sungai Rumbai Timur di Kecamatan Sungai Rumbai dan Nagari Ampang Kuranji di Kecamatan Koto Baru.
Lima Nagari di empat Kecamatan tersebut, didapati bahwa dari Bulan Januari 2021 sampai dengan Bulan Agustus 2021 terdapat perubahan data penduduk yang cukup signifikan, namun data yang diperoleh sementara merupakan data secara umum dan akan dianalisa kembali sebagai bahan uji petik dan audit serta sebagai bahan perbandingan dalam melaksanakan koordinasi terkait Data Pemilih Berkelanjutan dengan KPU Kabupaten Dharmasraya dan dengan harapan agar terwujudnya Daftar Pemilih yang akurat, mutakhir dan komprehensif.