Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Terkait Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2025

adfaf

Bawaslu Kabupaten Dharmasraya gelar “Rapat Terkait Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2025 ” pada Kamis (13/11/2025).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Bawaslu Kabupaten Dharmasraya menghadirkan narasumber yaitu Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Febrian Bartez dan juga dihadiri oleh Kabag Administrasi Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Mafral serta staf sekretariat Bawaslu Provinsi Sumatera Barat.

Ketua Bawaslu Dharmasraya, Subandiyono menyebutkan pentingnya penilaian jujur oleh responden SKM. Dengan melihat tingkat kepuasan masyarakat, hasil survei tersebut akan menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan layanan Bawaslu Dharmasraya.

Anggota Bawaslu Sumbar, Febrian Bartez menjelaskan bahwa SKM merupakan alat ukur kualitas pelayanan badan publik yang bertujuan bukan mengukur kinerja bawaslu, tapi mengukur pelayanan Bawaslu kepada penerima layanan. Ia juga mengingatkan bahwa SKM bukan kompetisi sehingga ia menekankan jangan memanipulasi hasil survei. Hasil pelaksanaan SKM menghasilkan output berupa Indeks Kepuasan Masyarakat.

"Dalam menyusun SKM Bawaslu, responden adalah pihak yang berinteraksi dengan bawaslu pada masa tahapan pemilu. Contohnya pelapor dugaan pelanggaran pemilu dan pemohon penyelesaian sengketa." Bartez mengingatkan responden adalah orang yang pernah menggunakan pelayanan Bawaslu, serta mitra kerjasama atau stakeholder seperti Sentra Gakkumdu, Anggota Pokja, Media, Peserta Pemilu dan Peserta Pilkada.

Tugas pokok dan fungsi bawaslu seperti pencegahan dan pengawasan yang dilakukan menjadi sasaran utama dalam penyusunan SKM.

#BawasluMengawasi

#AyoAwasiBersama

-----------------‐---------------------------------

Ikuti terus informasi seputar Bawaslu Kabupaten Dharmasraya

Facebook : Bawaslu Kabupaten Dharmasraya

Instagram : @Bawaslu_Kabupaten_Dharmasraya

Twitter : @BawasluDms

Youtube : Bawaslu Dharmasraya

Tiktok : Bawaslu Dharmasraya

Website : https://dharmasraya.bawaslu.go.id